Tugas 4 Pengantar Bisnis : Pasar dan Manajemen
Pemasaran
Pasar yaitu sekelompok orang atau lembaga yang mempunyai
kebutuhan atau keinginan untuk dipenuhi, mempunyai kemampuan untuk membeli atau
berdaya beli, berkeinginan atau bersedia melakukan pertukaran untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginannya. Mengingat luasnya pasar, maka kegiatan segmentasi
pasar harus dilauakan dengan tujuan pasar lebih mudah dibedakan, pelayanan
kepada pembeli menjadi lebih baik, strategi pemasaran menjadi lebih mengarah,
mendesain produk, menganalisis pasar, menemukan ceruk peluang, menguasai posisi
yang superior dan kompetitif, dan menentukan strategi komuniasi yang efektif
dan efisien. Syarat-syarat terbentuknya pasar adanya penjual, adanya pembeli,
adanya barang atau jasa yang dapat digunakan untuk diperjual belikan dan adanya
kesepakatan harga antara penjual dengan pembeli. Pasar memiliki berbagai macam
fungsi yang akan sangat membantu dalam
banyak hal seperti fungsi distribusi produk, fungsi penepatan harga atau nilai,
fungsi promosi, dan fungsi penyerapan tenaga kerja. Pasar menurut struktur
dibedakan menjadi empat, yaitu pasar pesaingan sempurna, pasar pesaingan tidak
sempurna, pasar monopoli, pasar persaingan monopolistik, pasar monopsoni, pasar
oligopsoni dan pasar oligopoli.
Pasar
pesaingan sempurna adalah informasi pada pasar ni bersifat sempurna. Artinya
para pedagang mengerti karakteristik barang aatau jasa yang akan dijual,
sebelumnya pembeli telah megetahui kualitas dan keadaan barang yang akan
dibelinya.oleh karena itu informasinya bersifat sempurna, sehingga baik
pedagang maupun pembeli tidak akan tertipu. Pasar pesaingan tidak sempurna
merupakan pasar yang terbentuk jika tidak memenuhi salah satu atau beberapa
syarat dari pasar pesangian sempurna. Pasar monopoli adalah pasar yang dikuasai
oleh satu orang penjual. Artinya dalam pasar tersebut kekuasaan tertinggi
dipegang oleh penjual sehingga keadaan pasar dapat langsung berubah hanya
karena tidakkan dari penjual tersebut. Paasar pesaingan monopolistik yaitu
pasar yang berada antara pasar monopoli dengan pasar pesaingan. Di pasar ini ia
tidak memenuhi persyaratan dari barang atau jasa yang tidak homogen karena
memiliki merk yang berbeda-bedda, sehingga pesaingan pada pasar ini terjadi
antara beberapa penjual dab beberapa pembeli untuk barang yang sejenis. Pasar
monopsoni merupakan pasar yang hanya terdiri dari satu pembeli dan beberapa
penjual. Dalam pasar ini pembeli memiliki peran lebih dominan. Keuntungan dari
pasar ini ialah kualitas barang bagus, harganya terjangkau, sedangkan keburukan
dari pasar ini ialah produk yang dianggap tidak bagus oleh pembeli sering
menjadi penyebab kerugian pada produsen. Pasar oligopsoni adalah pasar yang
terdiri atas beberapa orang pembeli dengan banyak penjual (produsen). Peran
pembeli pada pasar ini jauh lebih dominan dari pasar yang lain, sehingga harga
sangat berpengaruh oleh penawaran atau permintaannya. Pasar oligopoli ialah
pasar yang dikuasai oleh beberapa perusahaan dengan memproduksi barang dan jasa
yang sejenis. Artinya dalam pasar ini pesaingan untuk barang atau jasa hanya
terjadi pada beberapa perusahaa. Mereka bersaing dengan mengunggulkan produk
masing-masing. Persaingan dapat dilakukan dari segi kualitas produk maupun
harga produk.
Manajemen
pemasaran merupakan alat analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian
program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan
pertukaran yang menguntungkan dengan terget pasar sasaran dengan maksud untuk
mencapai tujuan utama perusahaan dengan memperoleh laba. Manajemen pemasaran
bertugas untuk menentukan barang atau produk apa yang akan dijual, menetapkkan
harga yang sesuai dengan kualitas dan kuantitas barang, menentukan barang yang
akan dijual ke segmen pasar dan menetukan media promosi yang digunakan agar
mampu menarik minat pada konsumen. Tahap perkembangan manajemen pemasaran
terdiri dari tahap orientasi produksi, tahap orientasi penjualan, tahap
orientasi pemasaran dan tahap orientasi masyarakat atau sosial. Beberapa tujuan
utama dari manajemen ialah jangka pendek, jangka panjang dan jangka menengah.
Tahap-tahap dari pemasaran yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap
kedewasaan, tahap kejenuhan dan tahap penurunan. Terdapat 3 (tiga) unsur
penting di dalam manajemen pemasaran yaitu orientasi pada konsumen atau
pembeli, perencanaan kegiatan-kegiatan pemasaran secara menyeluruh dan kepuasan
konsumen.
Komentar
Posting Komentar