Langsung ke konten utama

Tugas 4 Pengantar Bisnis : Pasar dan Manajemen Pemasaran



Tugas 4  Pengantar Bisnis : Pasar dan Manajemen Pemasaran
            Pasar yaitu sekelompok orang atau lembaga yang mempunyai kebutuhan atau keinginan untuk dipenuhi, mempunyai kemampuan untuk membeli atau berdaya beli, berkeinginan atau bersedia melakukan pertukaran untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Mengingat luasnya pasar, maka kegiatan segmentasi pasar harus dilauakan dengan tujuan pasar lebih mudah dibedakan, pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik, strategi pemasaran menjadi lebih mengarah, mendesain produk, menganalisis pasar, menemukan ceruk peluang, menguasai posisi yang superior dan kompetitif, dan menentukan strategi komuniasi yang efektif dan efisien. Syarat-syarat terbentuknya pasar adanya penjual, adanya pembeli, adanya barang atau jasa yang dapat digunakan untuk diperjual belikan dan adanya kesepakatan harga antara penjual dengan pembeli. Pasar memiliki berbagai macam fungsi  yang akan sangat membantu dalam banyak hal seperti fungsi distribusi produk, fungsi penepatan harga atau nilai, fungsi promosi, dan fungsi penyerapan tenaga kerja. Pasar menurut struktur dibedakan menjadi empat, yaitu pasar pesaingan sempurna, pasar pesaingan tidak sempurna, pasar monopoli, pasar persaingan monopolistik, pasar monopsoni, pasar oligopsoni dan pasar oligopoli.
            Pasar pesaingan sempurna adalah informasi pada pasar ni bersifat sempurna. Artinya para pedagang mengerti karakteristik barang aatau jasa yang akan dijual, sebelumnya pembeli telah megetahui kualitas dan keadaan barang yang akan dibelinya.oleh karena itu informasinya bersifat sempurna, sehingga baik pedagang maupun pembeli tidak akan tertipu. Pasar pesaingan tidak sempurna merupakan pasar yang terbentuk jika tidak memenuhi salah satu atau beberapa syarat dari pasar pesangian sempurna. Pasar monopoli adalah pasar yang dikuasai oleh satu orang penjual. Artinya dalam pasar tersebut kekuasaan tertinggi dipegang oleh penjual sehingga keadaan pasar dapat langsung berubah hanya karena tidakkan dari penjual tersebut. Paasar pesaingan monopolistik yaitu pasar yang berada antara pasar monopoli dengan pasar pesaingan. Di pasar ini ia tidak memenuhi persyaratan dari barang atau jasa yang tidak homogen karena memiliki merk yang berbeda-bedda, sehingga pesaingan pada pasar ini terjadi antara beberapa penjual dab beberapa pembeli untuk barang yang sejenis. Pasar monopsoni merupakan pasar yang hanya terdiri dari satu pembeli dan beberapa penjual. Dalam pasar ini pembeli memiliki peran lebih dominan. Keuntungan dari pasar ini ialah kualitas barang bagus, harganya terjangkau, sedangkan keburukan dari pasar ini ialah produk yang dianggap tidak bagus oleh pembeli sering menjadi penyebab kerugian pada produsen. Pasar oligopsoni adalah pasar yang terdiri atas beberapa orang pembeli dengan banyak penjual (produsen). Peran pembeli pada pasar ini jauh lebih dominan dari pasar yang lain, sehingga harga sangat berpengaruh oleh penawaran atau permintaannya. Pasar oligopoli ialah pasar yang dikuasai oleh beberapa perusahaan dengan memproduksi barang dan jasa yang sejenis. Artinya dalam pasar ini pesaingan untuk barang atau jasa hanya terjadi pada beberapa perusahaa. Mereka bersaing dengan mengunggulkan produk masing-masing. Persaingan dapat dilakukan dari segi kualitas produk maupun harga produk.
                Manajemen pemasaran merupakan alat analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan terget pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan utama perusahaan dengan memperoleh laba. Manajemen pemasaran bertugas untuk menentukan barang atau produk apa yang akan dijual, menetapkkan harga yang sesuai dengan kualitas dan kuantitas barang, menentukan barang yang akan dijual ke segmen pasar dan menetukan media promosi yang digunakan agar mampu menarik minat pada konsumen. Tahap perkembangan manajemen pemasaran terdiri dari tahap orientasi produksi, tahap orientasi penjualan, tahap orientasi pemasaran dan tahap orientasi masyarakat atau sosial. Beberapa tujuan utama dari manajemen ialah jangka pendek, jangka panjang dan jangka menengah. Tahap-tahap dari pemasaran yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan, tahap kejenuhan dan tahap penurunan. Terdapat 3 (tiga) unsur penting di dalam manajemen pemasaran yaitu orientasi pada konsumen atau pembeli, perencanaan kegiatan-kegiatan pemasaran secara menyeluruh dan kepuasan konsumen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kepuasan Kerja

1.       Apa itu Kepuasan Kerja?  Pengertian Kepuasan Kerja  adalah Kondisi psikis yang menyenangkan yang dirasakan oleh pekerja/ pegawai di dalam suatu lingkungan pekerjaan atas peranannya dalam organisasi dan kebutuhannya terpenuhi dengan baik. Menurut Robins, kepuasan kerja atau  job satisfaction  diidentikkan dengan hal-hal yang bersifat individual. Karena itu, tingkat kepuasan setiap orang berbeda-beda dan hal ini terjadi apa bila beberapa faktor terpenuhi yaitu kebutuhan individu serta kaitannya dengan derajat kesukaan dan ketidaksukaan pekerja (Robins, 1999). Sementara itu, Nguyen et al (2003) menjabarkan konsep  job satisfaction  dipengaruhi hal-hal multidimensional dan tidak bisa diprediksi melalui dimensi tunggal. Didalam lingkungan perusahaan dan bisnis job satisfaction ini juga memiliki dimensi yang berbeda. Dimensinya yaitu jenis pekerjaan yang digeluti, kepuasan pada kompensasi, kepuasan pada supervisi, kepuasan pada aspek promosi hingga rekan kerja. Perbedaan

Penilaian Prestasi Kerja

1.       ARTI DAN PENTINGNYA PENILAIAN PRESTASI KERJA  Prestasi kerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dengan melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman, kesungguhan sertawaktu (Hasibuan, 2002). Prestasi kerja seorang pegawai adalah hal yang sangat penting artinya bagi suksesnya sebuah instansi/organisasi/manajemen, karena manusia sebagai salah satu faktor  produksi yang merupakan basis atau penggerak atas faktor-faktor yang lain harus dapat dirangkum menjadi satu kesatuan di dalam melaksanakan proses produksi padainstansi/organisai dengan cara yang paling efektif dan efisien sehingga dapat menghasilkan profit. Cooper mengungkapkan prestasi kerja sebagai berikut, “ A general term applied to part or all of the conductor acivities of an organization over period of time, often with reference to some standard such as past projected cost, an efficiency base, management responsibility or accountability , or the like” . Artinya

Seleksi Tenaga Kerja dan Penempatan

1.       Pengertian Seleksi dan Penempatan SDM Seleksi adalah suatu rekomendasi atau suatu keputusan untuk menerima atau menolak seseorang calon untuk pekerjaan tertentu berdasarkan suatu dugaan tentang kemungkinan-kemungkinan dari calon untuk menjadi tenaga kerja yang berhasil pada pekerjaannya. Dan menurut Sedarmayanti seleksi adalah kegiatan menentukan dan memilih tenaga kerja yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Seleksi bertujuan memutuskan masalah apakah seorang pelamar diterima bekerja atau tidak. Tugas seleksi ialah menilai sebanyak mungkin calon untuk memilih seseorang atau sejumlah orang (sesuai dengan jumlah yang diperlukan) yang paling memenuhi persyaratan pekerjaan yang ditetapkan semula. Pada seleksi sejumlah calon dinilai sejauh mana kesesuaian mereka (sejauh mana mereka memenuhi persyaratan pekerjaan yang telah ditetapkan semula) dengan suatu pekerjaan. Pada penempatan setiap calon dinilai derajat kesesuaiannya untuk sejumlah pekerjaan yang berbeda-bed