Langsung ke konten utama

Tugas 1 Pengantar Bisnis : Pengertian Bisnis dan Tujuan Bisnis






Tugas 1 Pengantar Bisnis : Pengertian Bisnis dan Tujuan Bisnis
            Pengertian bisnis dalam ilmu ekonomi ialah suatu organisasi yang menjual barang kepada konsumen atau pembisnis, berguna untuk memperoleh laba. Secara etimologis, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekolompok orang yang sibuk melaakukan pekerjaan untuk menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung dari skupnya  penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis daan ekonomis yang bertujuan mencari keuntungan atau laba. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada pada sektor tertentu, misalnya “bisnis elektronik.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa.
            Tujuan bisnis adalah suatu perusahaan dapat kita lihat dari berbagai macam kepentingan, baik itu owner, pesaing, supplier, konsumen, karyawan,masyarakat umum, maupun pemerintah. Pada umumnya tujuan bisnis didirikan tidak hanya untuk profit oriented semata, namun secara keseluruhan tujuan bisnis didirikan sebagai profit, pengadaan barang atau jasa, kesejahteraan bagi pemilik faktor produksi dan masyarakat, full employment, eksistensi perusahaan dalam waktu yang lama (jangka panjang), kemajuan dan pertumbuhan, prestise dan prestasi. Proses pencapaian tujuan bisnis melalui pengelolaan dalam sumber daya ekonomi atau faktor-faktor produksi dan masyarakat pada umumnya. Para pemilik atau pemegang faktor-faktor produksi ini nilai dan manfaat ekonomi secara layak. Tercapai tujuan bisnis akan bersifat jangka panjang kalau didukung secara inclusif tercapainya tujuan para pihak yang terlibat dalam kegiatan bisnis tersebut. Misalnya,  pihak tenaga kerja, supplier bahan, pemilik modal, dan pihak-pihak eksternal lainnya.                    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kepuasan Kerja

1.       Apa itu Kepuasan Kerja?  Pengertian Kepuasan Kerja  adalah Kondisi psikis yang menyenangkan yang dirasakan oleh pekerja/ pegawai di dalam suatu lingkungan pekerjaan atas peranannya dalam organisasi dan kebutuhannya terpenuhi dengan baik. Menurut Robins, kepuasan kerja atau  job satisfaction  diidentikkan dengan hal-hal yang bersifat individual. Karena itu, tingkat kepuasan setiap orang berbeda-beda dan hal ini terjadi apa bila beberapa faktor terpenuhi yaitu kebutuhan individu serta kaitannya dengan derajat kesukaan dan ketidaksukaan pekerja (Robins, 1999). Sementara itu, Nguyen et al (2003) menjabarkan konsep  job satisfaction  dipengaruhi hal-hal multidimensional dan tidak bisa diprediksi melalui dimensi tunggal. Didalam lingkungan perusahaan dan bisnis job satisfaction ini juga memiliki dimensi yang berbeda. Dimensinya yaitu jenis pekerjaan yang digeluti, kepuasan pada kompensasi, kepuasan pada supervisi, kepuasan pada aspek promosi hingga rekan kerja. Perbedaan

Penilaian Prestasi Kerja

1.       ARTI DAN PENTINGNYA PENILAIAN PRESTASI KERJA  Prestasi kerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dengan melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman, kesungguhan sertawaktu (Hasibuan, 2002). Prestasi kerja seorang pegawai adalah hal yang sangat penting artinya bagi suksesnya sebuah instansi/organisasi/manajemen, karena manusia sebagai salah satu faktor  produksi yang merupakan basis atau penggerak atas faktor-faktor yang lain harus dapat dirangkum menjadi satu kesatuan di dalam melaksanakan proses produksi padainstansi/organisai dengan cara yang paling efektif dan efisien sehingga dapat menghasilkan profit. Cooper mengungkapkan prestasi kerja sebagai berikut, “ A general term applied to part or all of the conductor acivities of an organization over period of time, often with reference to some standard such as past projected cost, an efficiency base, management responsibility or accountability , or the like” . Artinya

Seleksi Tenaga Kerja dan Penempatan

1.       Pengertian Seleksi dan Penempatan SDM Seleksi adalah suatu rekomendasi atau suatu keputusan untuk menerima atau menolak seseorang calon untuk pekerjaan tertentu berdasarkan suatu dugaan tentang kemungkinan-kemungkinan dari calon untuk menjadi tenaga kerja yang berhasil pada pekerjaannya. Dan menurut Sedarmayanti seleksi adalah kegiatan menentukan dan memilih tenaga kerja yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Seleksi bertujuan memutuskan masalah apakah seorang pelamar diterima bekerja atau tidak. Tugas seleksi ialah menilai sebanyak mungkin calon untuk memilih seseorang atau sejumlah orang (sesuai dengan jumlah yang diperlukan) yang paling memenuhi persyaratan pekerjaan yang ditetapkan semula. Pada seleksi sejumlah calon dinilai sejauh mana kesesuaian mereka (sejauh mana mereka memenuhi persyaratan pekerjaan yang telah ditetapkan semula) dengan suatu pekerjaan. Pada penempatan setiap calon dinilai derajat kesesuaiannya untuk sejumlah pekerjaan yang berbeda-bed